Rahasia Buka Usaha Tanpa Modal – Bag 2

125 views

Di Artikel Sebelumnya Rahasia Buka Usaha Tanpa Modal Bagian 1, saya menceritakan ilustrasi tentang seorang pengangguran yang bercita2 jadi pengusaha sakses, tapi nggak punya modal dan skill untuk memulai. Buat yang belum baca sebaiknya baca dulu ya di sini.

bisnis tanpa modal bagian 2

Baiklaah kita lanjutkan cerita bersambungnya… saya tahu anda sudah tidak sabar mengetahui apa yang dilakukan si Fulan setelah mendapatkan database teman2 dan relasinya

Beberapa hari kemudian tetangga Fulan menyampaikan kabar kalau ada yang SMS kalau teman si Fulan yaitu si Budi yang bisnis kosmetik butuh bantuan karena mau pindahan rumah 3 hari lagi. Fulan pun mendatangi Budi hari itu juga dan terjadilah obrolan diantara mereka.

F: Bud, ente jadi pindahan ke mana?
B: Ke perumahan sebelah, nah ente bantuin ya pindahan 3 hari lagi ya lan
F: Gampang, oke dah ane dateng lagi 3 hari lagi

3 Hari kemudian Fulan pun datang membantu acara pindahan rumahnya Budi sampai beres. Kemudian saat mau pamit Budi pun memberi uang saku ke Fulan.

B: Lan, makasih ya, ni buat ente
F: Apaan nih, ane kan dah bilang GRATIS buat temen
B: Aduh tolong dah ente terima
F: Udah santai Bud, ente ngga usah sungkan gitu, beneran kok ane ngga mengharap, dah ane pulang dulu yaaa

Fulanpun pulang dan Budi cuman bengong nan heran sambil geleng2. Setau dia Fulan kan pengangguran, mesti ngasih makan anak istri, dan tadi angkat2nya seharian lagi, tapi dikasih duit nggak mau. Tapi sambil tersenyum rupanya Budi mempunyai sebuah ide.

Fulan pun menjalani aktifitas seperti biasa, cari pekerjaan di pasar jadi buruh serabutan, tukang cat, dan apapun buat mencari nafkah. Sambil tetap bersyukur kepada Tuhan walaupun passs banget tapi anak istri masih bisa makan, anak masih bisa sekolah.

2 Hari kemudian ada lagi yang sms ke tetangga si Fulan, ternyata ada dari Budi ngajak ketemuan di rumah barunya sekalian acara selamatan rumah baru.

Fulanpun datang ke rumah Budi dan terjadi dialog

Budi : Masbro, ente sekarang kerja apa?
Fulan: Ane kerja serabutan Bud, nggak tentu juga
Budi : Btw mau ngga bantu masarin barang ane? Barang ente pasarin deh
Fulan: Mau Bud, tapi ane ngga punya modal buat beli barangnya
Budi : Ente jualan dulu dah, kalo laku baru bayar
Fulan: Ah yang bener boleh begitu?
Budi : Beneranlaaa, ane kasih tau cara jualannya

Jadilah akhirnya Fulan punya ‘modal’ hasil kepercayaan si Budi temennya yang sudah dibantuin pindahan. Sampai sini harusnya artikel ini berakhir karena judulnya sudah terjawab. Jika pembaca teliti lagi dari artikel yang pertama sampai sini, ada beberapa hal menarik yang bisa kita simpulkan antara lain.

1. Fulan melakukan Silaturahmi/Networking
2. Fulan melakukan konsep berkelimpahan, yaitu membantu orang tanpa mengharapkan imbalan dari orang tersebut. Kalaulah Budi menerima ‘upah’ membantu Budi pindahan rumah, mungkin diskusi yang kedua tidak akan terjadi. Disinilah timbul konsep utang budi (hehe maksudnya Budi merasa berhutang sama Fulan)
3. Dengan tetap bersyukur Fulan mendapat modal dari Budi walau tidak berupa uang, tapi berupa peluang usaha sekaligus mentor bisnis karena diajarin cara jualannya.

Lalu apakah sampai disini cerita tentang si Fulan selesai?? Ooo tidaaak, masih ada lagi kelanjutannya tentang perjuangan Fulan dalam memasarkan kosmetik milik Budi. Tunggu kisah serunya di artikel berikutnya Rahasia Buka Usaha Tanpa Modal Bagian 3 di dimaspribadi.com

Gallery for Rahasia Buka Usaha Tanpa Modal – Bag 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *