Rahasia Buka Usaha Tanpa Modal – Bag 1

176 views

Rahasia Buka Usaha Tanpa Modal?

Apanya yang rahasia karena disini saya akan BOCORKAN! buat anda para pembaca dimaspribadi.com yang pengen buka usaha tanpa modal. Untuk mengetahuinya, maka simaklah percakapan dua orang sebagai pembuka artikel ini.

bisnis tanpa modal bagian 1

—————————————————————————

Emang bener bisa?

+ Ya bisa lah, kalo nggak bisa nggak ditulis disini

– Bener tanpa modal!??

+ Tergantung…

– Kok tergantung?

+ Tergantung mengartikan modal itu apa

– Emang modal itu apa?

+ Kita sepakati dulu kalau modal itu adalah uang

– Oke! trus gimana caranya?

– Sabarrrr om

—————————————————————————

Kembali ke laptop!

Modal emang jadi kendala, lebih tepatnya alasan banyak orang yang nggak mulai2 usahanya. Sebenarnya tidak 100% kita bisa menyalahkan mereka karena memang jika tidak tahu caranya, ya persentasenya akan kecil sekali. 

Saya sendiri mengetahui berbagai cara nyeleneh setelah menghadiri beberapa seminar yang diadakakan beberapa komunitas enterpreneurship, selain saya sendiri tergabung di komunitas TDA Bali. Ternyata memang cara-cara seperti itu adalah ada, bisa dipraktekkan namun harus dilatih seperti halnya pertama kali belajar naik sepeda.

Langsung saja saya kasih ilustrasi:

Sebutlah si Fulan, seorang pengangguran tamatan SMP, tidak punya skill, jangan kan komputer dan bahasa inggris, bahasa indonesia saja masih belum lancar hehe. Namun motivasi yang besar membuat si Fulan ingin jadi pengusaha sakses seperti Pak Ciputra, Pak Aburisal Bakrie, dan Pengusaha tersohor lainnya. Fulan bingung mau usaha apa, dan dia juga nggak ada modal.

Dan kemudian sampailah dia ke blog ini, (lah kan katanya tadi nggak punya skill kok bisa internetan!!??) #dilarangprotes 😀

Bismillah meskipun bingung Fulan ingat ajaran silaturahmi membawa rejeki, maka dia kemudian mengumpulkan semua nomer telpon dan alamat teman2 sekolahnya, dan teman2 kampung yang sudah merantau, serta saudara2 dari yang deket maupun yang jauh.

Mulailah si Fulan maen ke rumah teman2nya yang satu kota untuk silaturahmi dengan niat menawarkan bantuan tenaga dengan GRATIS kepada orang yang dikunjunginya. Di rumah temannya yang pertama bernama Budi, si Fulan mengetahui ternyata Budi sedang usaha jualan kosmetik yang membuat cantik seketika.  Dicatatlah informasi “Budi jualan kosmetik”. Kemudian ke rumah teman yang kedua si Amin ternyata pegawai kantoran. Cateeet. Teman ketiga si Wati ternyata punya warung nasi goreng, dan begituuu seterusnya. Fulan merutinkan setiap hari silaturahmi ke minimal 2 orang, toh dia juga nggak ada kerjaan dan lagi nganggur. Sampai akhirnya terkumpullah database daftar relasi dan kegiatannya masing2. Tak hanya ke orang2 yang dikenal, tapi di tempat umum pun kadang2 Fulan suka ngajakin ngobrol, dari bapak2 ibu2 mbak2 adek2, dan ada beberapa juga yang akhirnya kenalan dan si Fulan ngasih nmer handphonenya temennya.

Kalimat pamungkas yang selalu diucapkan Fulan sebelum berpamitan adalah, “Kalau ente butuh bantuan apapun yang bisa ane bantu kontak aja ya, gak perlu sungkan. Buat temen Gratis tis tis!” begitu kata si Fulan sambil ninggalin alamat dan nomer HP tetangganya kalau mau menghubungi.

Trus abis si Fulan punya database? Mau ngapain?

Sabaaaar pembaca yang budiman dan budiwati, bersambung dulu ke artikel berikutnya karena ngetiknya capek juga. Tapi dari cerita diatas pembaca sekalian sudah bisa nangkap kan kalau langkah awalnya adalah yang dinamakan SILATURAHMI atau bahasa kerennya adalah NETWORKING.

Ikuti kelanjutan cerita si Fulan di artikel Rahasia Buka Usaha Tanpa Modal – Bag 2 dimana si Fulan mulai membaca ada peluang dari database hasil silaturahminya dia ke banyak orang.

Gallery for Rahasia Buka Usaha Tanpa Modal – Bag 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *