Bingung Mau Usaha Apa? Bisnis Dropship Aja!

228 views

Baik, karena saya lihat banyaknya orang yang bingung mau mulai usaha apa(terbukti dari seringnya keyword tsb nyantol di DimasPribadi.com) , maka saya pun memutuskan untuk menulis artikel tentang bisnis dropship.

Dropship belakangan ini mulai dikenal di Indonesia. Kelebihannya adalah memperjelas posisi vendor dan penjual retail.

Buat rekan2 yang masih belum tahu Dropship itu apa, saya coba jelasin lagi sekilas.

BISNIS TOKO ONLINE

Di Indo, alur transaksi toko online biasanya sebagai berikut :

  1. Pembeli mengirimkan info pesanan
  2. Penjual mengkonfirmasi total yg harus dibayar + ongkos kirim
  3. Pembeli setuju dan mentransfer uang ke rekening penjual lalu konfirmasi uang sudah ditransfer
  4. Penjual lalu cek apakah transfer sudah masuk, jika sudah maka pesanan diproses dan barang dikirim ke alamat pembeli

Ya ilustrasi demikian sangat umum ditemui, dan masih berbasis kepercayaan. Menurut saya sekarang iklim jual beli onlen sudah sangat kondusif, sudah jarang tipu-menipu. Jika terjadipun sekarang masih bisa dilacak seperti kasus penipuan logam mulia oleh anak SMP di Solo beberapa waktu lalu.

skema bisnis dropship online

BISNIS DROPSHIP

Untuk meningkatkan penjualan, maka toko online membuka pendaftaran ‘sales freelance online’. Singkatnya mereke bilang begini…

“Siapa yang mau jualan produk saya, saya kasih harga diskon dan saya urus pengirimannya”

Nah kelemahan toko online yg punya produk fisik, biasanya adalah repot di pengirimannya yang butuh tenaga. Dengan sistem dropship, hal ini benar2 bisa dihilangkan. Dropshipper bisa dianggap sebagai makelar online yang bagian nyari orderan dan ngambil untuk dari selisih harga yang dikasih oleh pemilik produk.

Kelebihan dari dropship adalah benar-benar tanpa modal kecuali pulsa internet aja. Kita bisa cari di internet toko2 online yang menyediakan sistem dropship, kita tinggal ambil gambar dan price listnya, langsung bisa tinggal promosi deh di internet. Enak bukan hehehe. Secara di internet itu pembeli bayar dulu, maka kita tinggal terima pembayaran, ambil selisih, dan teruskan pembayaran ke rekening vendor.

BEDANYA DENGAN SISTEM RESELLER?

Dropship sebenarnya adalah turunan dari sistem reseller.Walaupun pada intinya sama-sama menjual kembali produk vendor. Bedanya adalah dropship pengiriman diurusi vendor, kalau reseller mungkin akan urus sendiri.

BEDANYA DENGAN SISTEM AFFILIASI?

Affiliasi adalah menjual barang dengan harga yang sama dengan harga resmi vendor, namun jika terjadi penjualan maka sistemnya adalah komisi sekian persen. Rekan affiliasi tidak bisa menjual barang dgn harga lebih tinggi karena yg demikian masuknya ke kategori reseller.

Kelemahan affiliasi adalah, pembeli akan mengenal vendor secara langsung dan biasanya, kita tidak akan dapat komisi lagi jika pembeli yang kita dapatkan membeli lagi ke vendor, agak tidak adil memang..tapi secara halus vendor memanfaatkan pasukan affiliasi untuk mencari buyer-buyer baru. Perusahaan besar seperti hostgator, dll menerapkan hal seperti ini.

Sedangkan jika kita bisnis dropship, maka pembeli gak akan punya akses ke vendor langsung. Karena di pengirimanpun tertulis pengiriman atas nama dan alamat kita. (Dengan catatan vendor jujur dan nggak potong kompas, maka kerjasama bisa terjadi dalam waktu yang lama karena saling menghargai)

Baik sekian adalah sekilas gambaran ide bisnis dropship. Bisnis ini cocok buat yg bingung mau usaha tapi modal apa. Sering-sering maen ke blog ini ya, next post insyaAllah saya akan sharing study kasus bisnis dropship salah satu produk saya.

 

Gallery for Bingung Mau Usaha Apa? Bisnis Dropship Aja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *